Senin, 17 Oktober 2011

PERKEMBANGAN DAN PERUBAHAN FISIK BADAN MANUSIA

PENJELASAN PERKEMBANGAN FISIK LAKI-LAKI

Masa remaja disebut juga dengan masa pubertas. Pada masa initerlihat perbedaan yang mencolok antara remaja laki-laki dan remaja perempuan. Pada masa ini manusia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. .Perbedaan ciri tersebut akan dijelaskan sebagai berikut :
Perkembangan dan Perubahan Tubuh Laki-laki
Laki-laki mengalami perubahan bentuk fisik pada masa pubertas.Ciri-ciri khusus perkembangan remaja laki-laki adalah sebagai berikut.
a.Diproduksinya sel sperma
Sel sperma dihasilkan oleh alat yang disebut testis. Spermaadalah sel kelamin jantan yang berbentuk seperti kecebong. Selini terdiri atas bagian kepala, leher, dan ekor. Testis memproduksipuluhan juta sperma setiap harinya. Produksi sperma yangberlebihan akan dibuang ketika seorang remaja laki-lakimengalami mimpi basah. Cairan sperma akan dikeluarkan darikantung testis yang telah penuh. Pematangan sperma danperkembangan mental laki-laki terjadi pada masa remaja.
b.Otot menjadi kuat dan dada terlihat bidang
Ketika remaja, otot rangka anak laki-laki lebih berbentuk dan semakin kuat. Latihan pada otot akan semakin memperkuat fungsinya. Selain itu, anak laki-laki juga mengalami perubahanbentuk pada bagian dadanya. Bahunya akan melebar danberbentuk bidang.
c.Tumbuh JakunJakun
adalah tonjolan keras yang berada di tengah leherbagian depan. Tumbuhnya jakun pada masa remaja membuatpita suara laki-laki menjadi lebih besar. Suara laki-laki yangsebelumnya bernada tinggi, berubah menjadi agak rendah. Halini yang membuat suara laki-laki terdengar berat dan besarketika memasuki masa pubertas.
d.Tumbuh kumis dan jenggot
Perubahan tubuh pada remaja laki-laki juga ditandai dengan tumbuhnya kumis dan jenggot.
Kumis
adalah rambut yangtumbuh di atas bibir dan di bawah hidung.
Jenggot
adalahrambut yang tumbuh di sekitar dagu. Selain itu, perubahanlainnya adalah tumbuhnya rambut-rambut halus di sekitar alatkelamin. Alat kelamin juga mulai membesar.


Perkembangan dan Perubahan Tubuh Perempuan
Ketika remaja, tubuh anak perempuan akan menghasilkan sel telur (ovum). Payudara dan pinggul akan membesar. Selain itu, pada beberapa bagian tubuhnya akan tumbuh rambut-rambut halus.
a.Diproduksinya sel telur (ovum)
Perubahan utama masa pubertas yang terjadi padaperempuan adalah diproduksinya sel telur. Alat tubuh yangmemproduksi sel telur disebut indung telur (ovarium). Hal iniditandai dengan terjadinya menstruasi. Apakah menstruasi itu?
Menstruasi adalah keluarnya darah dari liang kelamin. Liangkelamin ini disebut vagina. Darah terjadi akibat meluruhnyadinding rahim sebelah dalam. Bagaimana hal ini dapat terjadi?Setiap bulannya ovarium menghasilkan sel telur yang telahmatang dan siap dibuahi. Sel telur tersebut kemudian akanbergerak menuju ke saluran telur. Hal ini menyebabkanmenebalnya dinding rahim sebelah dalam. Dinding tersebut akan menebal dan dipenuhi pembuluh darah. Hal ini merupakanpersiapan jika terjadi pembuahan.Jika tidak terjadi pembuahan, sel telur akan mati. Hormonestrogen yang dihasilkan ovarium akan menurun jumlahnya.Akibatnya, jaringan dan pembuluh darah di dinding dalam rahimakan mengelupas dan meluruh. Jaringan dan pembuluh darahyang meluruh ini dikeluarkan dalam bentuk darah menstruasi.Oleh karena itu, saat menstruasi perut bagian bawah akanmerasa sakit. Siklus menstruasi berulang setiap 28 hingga 36hari sekali.
b.Pertumbuhan payudara
Payudara anak perempuan akan tumbuh menonjol danmembesar pada masa remaja. Payudara perempuan yangsudah melahirkan akan menghasilkan air susu (ASI). ASIdibutuhkan oleh bayi dan sangat baik bagi perkembangannya.
c.Melebarnya pinggul
Perubahan lain yang terjadi pada perempuan saatremaja adalah mulai melebarnya pinggul. Pinggul yanglebar dipersiapkan untuk mempermudah proses persalinanpada waktu melahirkan. Selain itu, pada daerah sekitarkemaluan akan tumbuh rambut-rambut halus

0 Responses to “PERKEMBANGAN DAN PERUBAHAN FISIK BADAN MANUSIA”

Posting Komentar